1. PENGERTIAN PENGOLAHAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN
  1. Pengertian Pengolahan Koleksi Perpustakaan

Pengolahan koleksi bahan perpustakaan adalah kegiatan kerja yang berkenaan dengan koleksi bahan pustaka sejak pustaka masuk ke perpustakaan sampai siap untuk dimanfaatkan/ dipinjam oleh pemakainnya. (Meilina Bustari, 2000: 41)

Pengolahan koleksi perpustakaan adalah kegiatan kerja yang berkenaan dengan pengolahan koleksi bahan pustaka sejak tiba di perpustakaan sampai dapat siap untuk dipergunakan oleh pemakainya (siswa dan guru). Secara teknik perpustakaan kegiatan kerja ini meliputi inventarisasi, klasifikasi, pembuatan katalog, penyelesaian dan penyajian koleksi. ( Mulyani, 1983: 53)

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa pengolahan koleksi perpustakaan adalah suatu kegiatan kerja yang berhubungan dengan koleksi bahan pustaka sejak tiba di perpustakaan sampai siap untuk digunakan pemakainnya atau dipinjam oleh pemakainnya.

  1. Inventarisasi yaitu kegiatan kerja yang berupa pencatatan koleksi bahan pustaka sebagai bukti bahwa koleksi bahan pustaka tersebut menjadi hak milik perpustakaan.
  2. Klasifikasi yaitu kegiatan kerja mengelompokan koleksi dengan cara memberikan kode tertentu agar koleksi yang sejenis dapat terkumpul menjadi satu.
  3. Pembuatan Katalog, yaitu pembuatan uraian singkat tentang keterangan suatu koleksi, yang dapat dipergunakan sebagai wakil dari koleksi yang bersangkutan, agar mudah ditemukan. (Muljani, 1983:53)
  4. Penyelesaian koleksi, yaitu kegiatan kerja lanjutan sesudah pembuatan katalog yang berupa pemberian perlengkapan administrasi pada koleksi, dan penyususnan koleksi di rak sehingga memungkinkan koleksi itu dapat siap dipergunakan dalam pelayanan pemakai
  5. Penyajian koleksi (Meilina Bustari, 2000: 46).

Untuk perpustakaan yang jumlah koleksinya (bahan pustakanya) kurang dari 1500 jilid, harus melaksanakan petunjuk-petunjuk sebagai berikut:

  1. Tiap-tiap menerima buku-buku, periksalah apakah buku-buku yang diterima itu sesuai dengan daftar pesanan, kemudian sesuaikan pula dengan daftar pengiriman
  2. Bubuhkan cap sekolah kepada tiap-tiap eksemplar buku yang diterima.
  3. Catatlah buku-buku tersebut ke dalam buku pendaftaran (buku induk) menurut nomor urut dan catatlah nomor pendaftaran pada buku itu sendiri
  4. Bila saudara memilih sistem peminjaman memakai buku tulis, siapkan buku tulisnya. Tetapi bila saudara memilih system peminjaman memakai kantong buku, maka kita harus menyiapkan kantong buku. (Noerhayati, 1987: 95)
About these ads