RANCANGAN KURIKULUM DIKLAT

PROGRAM DIKLAT PRAJABATAN

BAGI CALON PEGAWAI ADSMINISTRASI GOLONGAN II/a

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Training

Dosen Pengampu Bp. Drs. B. Suryosubroto

Disusun Oleh

Tri Budi Pamungkas 08101241038

PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN

JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2009

  1. RASIONAL

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya manusia aparatur negara memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok PNS yang mampu menjalankan peranan tersebut adalah PNS yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam Peraturan Pemerintah No. 101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil, antara lain ditetapkan jenis-jenis Diklat PNS. Salah satu jenis Diklat adalah Diklat Pra-Jabatan (Gol. I, II atau III) yang merupakan syarat pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk menjadi PNS sesuai golongan tersebut diatas. Diklat Pra-Jabatan dimaksud dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

http:// Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK-RI//.

Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan lulusan SMA atau sederajat, mereka termasuk PNS dengan golongan II/a. Calon pegawai negeri sipil bagian adsministrasi dengan golongan IIa merupakan PNS yang belum atau kurang memiliki pengetahuan, keahlian dan ketrampilan yang cukup dalam dunia kerja. Padahal dalam pekerjaannya mereka dituntut mempunyai pengetahuan, keahlian dan ketrampilan agar mereka dapat bekerja profesional dan produktif, sehingga tujuan organisasi/lembaga tempat bekerja dapat tercapai. Kurangnya kemampuan dan keterampilan calon PNS ini merupakan suatu indikasi yang sangat kuat untuk mengadakan suatu program diklat Pra Jabatan. Diklat pra jabatan ini merupakan salah satu syarat diangkatnya CPNS menjadi PNS.

Diklat Pra-Jabatan bagi CPNS Administratif gol II/a adalah untuk mengasah pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dalam bekerja. Diklat Pra-Jabatan dimaksud dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat dengan baik dan profesional.

 

  1. DESKRIPSI PEKERJAAN

Bidang-bidang yang ditangani oleh PNS bagian administrasi adalah sebagai berikut:

Bidang Garapan Deskripsi
  1. Manajemen Kurikulum
  • Merencanakan kurikulum
  • Melaksanakan program kurikulum
  • Mengevaluasi kurikulum
  • Mengembangkan kurikulum
  • Membuat jadwal pelajaran
  1. Manajemen Siswa
  • Merencanakan penerimaan siswa baru
  • Mencatat siswa baru
  • Membuat dan menerapkan tata tertib siswa
  • Membina siswa sampai akhir masa belajarnya
  • Mengelola kelas
  1. Manajemen Personalia
  • Mencatat keterangan tentang instrument adsministrasi pegawai
  • Melaksanakan seleksi, pengangkatan, penempatan, pembangunan karier, kesejahteraan, dan pemberhentian

  • Mengatur segala kebutuhan pegawai.
  1. Manajemen Sarana dan prasarana
  • Menentukan kebutuhan sarana dan prasarana
  • Mengadakan sarana yang dibutuhkan
  • Mengurusi masalah pemakaian

  • Mencatat segala sarana dan prasarana

  • Mempertanggung jawabkan semua sarana dan prasarana
  1. Manajemen Keuangan
  • Membuat anggaran pendapatan dan belanja
  • Mencatat pendapatan dan pengeluaran dana lembaga
  1. Manajemen Tata Usaha
  • Mengatur masuk dan keluarnya surat
  • Mengarsipkan semua kegiatan
  • Mengadakan rapat dinas
  • Mengadakan kegiatan pemeliharaan gedung

  • Menata segala bahan informasi

  1. Organisasi Lembaga Pendidikan
  • Aktif dan mampu menjalankan organisasi
  • Dapat bekerjasama dengan pegawai lain
  • Dapat mengembangkan dan membesarkan organisasi/lembaga
  • Dapat mencapai tujuan organisasi

  1. Hubungan Organisasi dengan Masyarakat
  • Menjalin hubungan dan kerja sama dengan masyarakat sekitar lembaga
  • Ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat

  1. KOMPETENSI

Berdasarkan deskripsi jabatan atau rincian pekerjaan yang dilakukan dalam tiap bidang garapan administratif, maka pegawai adsministrasi haruslah memiliki kompetensi atau kemampuan yang dapat menunjang untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan tersebut. Kompetensi atau kemampuan tersebut diantaranya:

  1. Dapat merencanakan dan melaksanakan kurikulum sekolah
  2. Dapat membina siswa dan mengelola kelas
  3. Dapat membuat anggaran pendapatan dan belanja lembaga
  4. Dapat membuat surat baik surat dinas maupun surat non dinas
  5. Dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan baik
  6. Dapat menangani dan mengolah segala informasi yang ada di lembaga
  7. Dapat menjalankan organisasi
  8. Dapat mengoperasikan komputer
  1. PENGALAMAN BELAJAR

CPNS Administratif dituntut memiliki kompetensi/ kemampuan-kemampuan yang telah dipaparkan diatas. Dalam kaitannya dengan kompetensi tersebut hendaknya CPNS Administratif memiliki pengalaman belajar sebagai berikut:

 

Bidang Garapan

Penglaman belajar

  1. Manajemen Kurikulum
  • Pernah membaca buku tentang manajemen kurikulum
  • Pernah mengikuti seminar atau diskusi tentang kurikulum
  • Pernah membuat jadwal pelajaran
  1. Manajemen Siswa
    • Pernah berdiskusi tentang masalah peserta didik
    • Pernah menganalisis dan mengatasi masalah peserta didik
  1. Manajemen Personalia
  • Pernah mengikuti seminar manajemen personalia
  • Mencatat keterangan tentang instrument adsministrasi pegawai
  • Pernah mengikuti seleksi pegawai
  1. Manajemen Sarana dan prasarana
  • Pernah mengikuti pelatihan mengelola sarana dan prasarana
  • Menentukan kebutuhan sarana dan prasarana suatu lembaga
  1. Manajemen Keuangan
  • Pernah mencatat pendapatan dan pengeluaran dana lembaga
  1. Manajemen Tata Usaha
  • Pernah mengatur pengarsipan surat

  • Pernah membuat surat dinas maupun non-dinas

  1. Organisasi Lembaga Pendidikan
  • Pernah mengikuti dan menjalankan organisasi
  • Pernah mengikuti diskusi tentang struktur organisasi, dan peran, tugas para personil
  1. Hubungan Organisasi dengan Masyarakat
  • Pernah bekerja sama dengan masyarakat dalam kemajuan daerah

 

  1. TUJUAN PROGRAM DIKLAT
  1. Tujuan Instruksional.

Tujuan Instruksional dalam pelaksanaan program DIKLAT ini tercatum pada setiap materi yang berikan, diantaranya adalah:

Materi Tujuan
  1. Pancasila
  • Agar mampu memaknai kebenaran ilmiah-filsafati yang terdapat di dalam pancasila
  • Agar peserta dapat mengamalkan dasar-dasar pancasila yang sesuai dengan jati diri bangsa

  • Agar peserta mampu berpikir integral komprehensif tentang persoalan-persoalan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila
  1. Kebijakan Pemerintah
  • Agar peserta memahami dan mengetahui arah kebijakan Pemerintah yang berhubungan dengan bidang profesinya
  • Agar peserta mengetahui dampak dari sebuah kebijakan Pemerintah
  • Dapat mendukung dan berpartisipasi aktif dalam setiap pelaksanaan kebijakan Pemerintah

  1. Bahasa Indonesia Praktis
  • Agar peserta dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
  • Agar peserta dapat berkomunikasi dengan rekan kerja dengan baik
  1. Organisasi Pegawai
  • Agar mengetahui tugas dan peran sebagai pegawai
  • Agar peserta dapat bekerja sama dengan baik didalam suatu organisasi.
  • Menumbuhkan jiwa saling tolong menolong antar pegawai dalam melaksanakan tugas

  1. Keterampilan Profesi
  • Agar dapat menyusun rencana kegiatan operasional lembaga
  • Agar dapat mengorganisasikan pegawai beserta barang yang ada dalam lembaga tempat bekerja
  • Agar dapat memadukan berbagai kegiatan yang dilaksanakan lembaga
  • Agar dapat mengecek apakah seluruh kegiatan sudah dilaksanakan sesuai ketentuan
  • Agar nantinya peserta diklat dapat bekerja dengan profesional dan penuh dengan loyalitas

  • Agar peserta mampu mengelola suatu organisasi dari berbagai segi, diantaranya: urusan sarana, personalia, keuangan, tata usaha,dsb.
  1. Tujuan Kurikulum

Tujuan kurikulum diadakan program DIKLAT bagi CPNS Administratif gol II/a adalah sebagai berikut:

  1. Agar peserta mempunyai komitmen dan integritas moral serta tanggung jawab profesi sebagai PNS
  2. Untuk menjelaskan ketentuan-ketentuan kepegawaian berkaitan dengan hak dan kewajiban PNS
  3. Agar peserta mengetahui posisi, peran, tugas, fungsi dan kewenangan instansi asal peserta dan organisasi publik pada umumnya
  4. Agar peserta mengenal dan memahami bidang garapan apa saja yang akan ditangani oleh administrator pendidikan
  5. Agar dalam diri peserta tertanam jiwa disiplin, kerja keras dan tanggung jawab dalam setiap pekerjaan yang diemban

  6. Agar peserta dapat bekerja sama dalam kelompok melalui komunikasi yang saling menghargai.
  1. KRITERIA KEBERHASILAN

Peserta Diklat Administratif gol II/a dinyatakan berhasil dalam menempuh program apabila memenuhi syarat dan ketentuan kelulusan sebagai berikut:

  1. Prosentase kehadiran lebih dari 75%
  2. Aktif dalam diskusi atau seminar
  3. Mengerjakan kertas kerja perseorangan dan kertas kerja kelompok
  4. Nilai akhir Diklat minimal 5,5, dan nilai rata rata minimal 6, jika terdapat nilai sama dengan/ kurang dari 5,5 maka rata-rata harus diatas 7
  5. Tidak melakukan tindakan yang melanggar peraturan diklat.

  1. ISI STRUKTUR PROGRAM
Materi Pelajaran Materi Bimbingan Belajar JAM
  1. Pancasila dan UUD 1945
  1. Kebijakan Pemerintah

 

  1. Pendidikan Pancasila

  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  1. Analisis Kebjikan Pemerintah
  2. Undang-undang pendidikan

  3. Ekonomi Pendidikan
2 

2

4

4

2

  1. Keterampilan profesi
  • Manajemen Kurikulum
  • Manajemen Siswa
  • Manajemen Personalia
  • Manajemen Sarana
  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Tata Usaha
  • Organisasi Lembaga Pendidikan
  • Hubungan Organisasi dengan masyarakat
6 

4

6

4

6

6

4

 

4

  1. Bahasa Indonesia praktis
  1. Organisasi pegawai
  • Kata baku dan tidak baku
  • Tata bahasa
  • Struktur Organisasi
  • Kegiatan keorganisasian

  • Komunikasi Organisasi
3 

2

2

2

2

JUMLAH 65 JAM

 

  1. STRATEGI BELAJAR

Untuk mencapai tujuan diklat yang diharapkan, maka diklat Prajabatan Administratif gol II/a ini menggunakan strategi atau metode pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Kuliah

Dalam metode pembelajaran kuliah ini terdapat penyampaian materi pembelajaran di dalam kelas oleh widyaiswara, dilanjutkan dengan presentasi atau diskusi. Dalam metode ini widyaiswara hanya menyampaikan sedikit materi pembelajaran secara lisan, setelah itu widyaiswara memberi suatu kasus yang harus diselesaikan oleh peserta yaitu dengan diskusi kelompok lalu dipresentasikan. Dengan presentasi inilah peserta didik dapat lebih memahami materi karena dalam presentasi, peserta didik dapat saling bertanya jawab dan berdiskusi.

 

 

  1. Tugas Mandiri

Tugas mandiri diberikan kepada seluruh peserta tentang seluruh materi yang diberikan. Pemberian tugas mandiri ini bertujuan agar peserta lebih menguasai materi yang diberikan dan dapat mengembangkan pemikiran peserta terhadap setiap materi yang disampaikan oleh widyaiswara. Dengan tugas mandiri peserta dilatih untuk mandiri dan aktif mencari bahan materi pembelajaran. Tugas mandiri ini juga dapat dijadikan alat evaluasi untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penyampaian materi dan pemahaman peserta mengenai materi yang diajarkan.

  1. Tugas Kelompok

Tugas kelompok diberikan pada seluruh peserta. Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang peserta. Masing-masing kelompok diberi satu permasalahan yang berbeda yang harus diselesaikan oleh kelompok tersebut. Tugas kelompok ini selanjutnya dipresentasikan agar peserta dari kelompok lain juga memperoleh materi tambahan dan dapat menanggapi hasil kerja kelompok yang presentasi. Tugas kelompok ini diberikan untuk melatih kerjasama dan komunikasi para peserta dalam pemecahan masalah.

  1. Ulangan Harian

Evaluasi harian yang diberikan setiap hari setelah penyampaian materi selesai. Setiap materi yang disampaikan wajib diujikan dalam ulangan harian. Ulangan harian ini bertujuan untuk menguji tingkat pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan.

  1. Ujian Akhir

Yaitu dengan memberi peserta soal-soal ujian pada akhir diklat yaitu setelah semua materi disampaikan Materi yang diujikan adalah semua materi yang telah diajarkan. Ujian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman peserta mengenai materi yang telah disampaikan. Ujian akhir merupakan unsur pokok untuk menentekan kelulusan peserta diklat.

  1. STRATEGI PENILAIAN

Strategi penilaian yang digunakan dalam pelaksanaan program DIKLAT Administratif gol II/a ini, adalah :

  1. Ulangan harian

Ulangan harian diberikan setelah penyampaian materi selesai disampaikan. Jumlah ulangan harian sama dengan jumlah materi bimbingan belajar.

  1. Ujian Akhir

Ujian ini dilaksanakan pada pertemuan akhir. Syarat mengikuti ujian ini adalah prosentase kehadiran peserta minimal 75%. Nilai akhir digunakan sebagai penentuan kelulusan peserta.

  1. Rumus Penilaian

Nilai akhir = rata-rata UH+UA

2

Keterangan: UH: Ujian harian

UA: Ujian Akhir

n : Jumlah Ulangan harian

Nilai akhir peserta dikonversikan dalam huruf, dengan standar dan bobot yang telah ditetapkan sebagai berikut:

HURUF BOBOT KETERANGAN PREDIKAT
A 80-100 Lulus Sangat Baik
B 70-80 Lulus Baik
C 60-70 Lulus Cukup
D 60< Tidak Lulus Kurang
  1. PEDOMAN PELAKSANAAN PROGRAM DILAT

 

Hari Waktu Kegiatan
Minggu 16.00-18.00 Chek in & pembagian kamar
18.00-20.00 Ishoma
20.00-21.30 Ramah tamah & Pengakraban
21.30-selesai Istirahat

 

Senin 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-08.00 Upacara Pembukaan
08.00-09.30 Pendidikan Pancasila
09.30-11.45 Kata baku dan tidak baku
11.45-12.30 Ishoma
12.30-15.30 Manajemen Kurikulum
15.30-16.00 Isho
16.00-17.30

Manajemen Personalia

17.30-19.30 Ishoma
19.30-21.00

Struktur Organisasi

21.00-selesai Istirahat
Selasa 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-07.30 Apel
07.30-10.30 Manajemen Siswa
10.30-12.00 Pendidikan Kewarganegaraan
12.00-12.45 Ishoma
12.45-15.45

Manajemen Personalia

15.45-16.15 Isho
16.15-17.45

Manajemen Kurikulum

17.45-19.30 Ishoma
19.30-21.45 Manajemen Keuangan
21.45-selesai Istirahat
Rabu 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-07.30 Apel
07.30-10.30 Undang-undang Pendidikan
10.30-12.00 Ekonomi Pendidikan
12.00-12.45 Ishoma
12.45-15.45 Organisasi Lembaga Pendidikan
15.45-16.15 Isho
16.15-17.45 Manajemen Tata Usaha
17.45-19.30 Ishoma
19.30-21.00

Kegiatan keorganisasian

21.00-selesai Istirahat

 

Kamis 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-07.30 Apel
07.30-10.30 Manajemen Sarana
10.30-12.00 Tata bahasa
12.00-12.45 Ishoma
12.45-15.45 Manajemen Tata Usaha
15.45-16.15 Isho
16.15-17.45 Hub. Organisasi dengan Masyarakat
17.45-19.30 Ishoma
19.30-21.00

Komunikasi Organisasi

21.00-selesai Istirahat
Jum’at 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-07.30 Apel
07.30-09.45 Manajemen Keuangan
09.45-11.15 Hub. Organisasi dengan Masyarakat
11.15-12.45 Ishoma
12.45-15.45 Analisis Kebjikan Pemerintah
15.45-16.15 Isho
16.15-17.45

Ujian Akhir

17.45-19.30 Ishoma
19.30-21.00 Ujian Akhir
21.00-selesai Istirahat
Sabtu 04.00-05.00 Bangun & Sholat
05.00-06.00 Olahraga
06.00-07.00 Mandi & Sarapan
07.00-07.30 Apel
07.30-08.15 ujian akhir
08.15-09.30 Packing Barang/ Persiapan pulang
09.30-10.00 Istirahat
10.00-11.00 Penutupan & Laporan
11.00-11.30 Pengumuman Kelulusan & Pembagian STTPL
11.30-12.00 kesan peserta & sambutan
12.00-12.30 Sambutan-sambutan
12.30-13.00 Pembacaan Do’a & Ucapan selamat

 

 

  1. SISTEM PEMANTAUAN KURIKULUM

Untuk memperoleh informasi mengenai kelancaran pelaksanaan program Diklat maka dilakukan pemantauan yang meliputi:

  1. Presensi

Presensi digunakan sebagai pencatatan jumlah kehadiran peserta diklat maupun widyaiswara, digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kedisiplinan dan antusias peserta dan widyaiswara mengikuti diklat ini. Selain itu presensi/kehadiran digunakan sebagai syarat peserta dapat mengikuti Ujian akhir, yaitu dengan prosentase kehadiran minimal 75% dari seluruh jam pembelajaran.

  1. Angket

Seluruh peserta diklat diberi angket yang berisi tentang factor-faktor yang menghambat diklat, kebaikan dan kelemahan program diklat. Dengan diberikannya angket maka dapat diketahui faktor apa saja yang menghambat, kebaikan dan kelemahan diklat sehingga dapat diketaui bagian apa yang harus diperbaiki dan bagian apa yang harus dipertahankan.

  1. BIMBINGAN DAN PERBAIKAN

Bimbingan dan perbaikan yaitu bimbingan bagi peserta diklat yang mengalami masalah/kesulitan. Bagi peserta Diklat yang dinyatakan tidak lulus dalam menempuh program diklat, maka diberikan kesempatan untuk mengikuti bimbingan materi yang dinyatakan tidak lulus kemudian dilanjutkan dengan perbaikan, yaitu dengan ujian ulang materi bimbingan belajar yang tidak lulus. Pelaksanaanya dilakukan setelah pengumuman dan penutupan diklat. Untuk jadwal disesuaikan dengan jumlah mata pelajaran dan jumlah peserta yang mengikuti bimbingan dan perbaikan.

 

  1. SUPERVISI KURIKULUM

Supervisi kurikulum berupa proses belajar mengajar untuk memperbaiki penampilan kelas. Dalam supervisi terdapat pengarahan-pengaran agar pada program diklat berikutnya dapat berjalan lebih baik. Supervisi kurikulum ditujukan kepada panitia maupun widyaiswara sedangkan yang memberikan pengarahan adalah pegawai yang memiliki jabatan lebih tinggi.